Barangsiapa yang mendapati suatu perselisihan, maka ia harus berpegang dengan Sunnah Nabi shallalla

  • Saya tidak mengatakan diri saya sebagai seorang ahli 'ilmu karena memang saya bukanlah ahlu 'ilmu, melainkan hanya penuntut 'ilmu . maka Janganlah engkau MENIMBA dan BERTANYA tentang 'ilmu kepadaku. Janganlah pula jadikan postingan-postingan saya sebagai rujukan 'ilmu bagi kalian. Tapi timbalah dan tanyalah 'ilmu kepada ahlinya. Apa-apa yang kupostingkan di website ini yang berisikan kebenaran, maka terimalah. Apa-apa yang bertentangan dengan kebenaran, maka tolaklah, dan luruskanlah dengan 'ilmu dan hujjah.

Bukti Cinta

Di antara tanda cinta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah dengan mengamalkan Sunnahnya, menghidupkan, dan mengajak kaum Muslimin untuk mengamalkannya, serta berjuang membela As-Sunnah dari orang-orang yang mengingkari As-Sunnah dan melecehkannya. Termasuk cinta kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah menolak dan mengingkari semua bentuk bid’ah, karena setiap bid’ah adalah sesat.

(Tafsiir Ibni Katsiir I/384)

Minggu, 11 November 2012

Tauhid

TAUHID
[HAKIKAT DAN KEDUDUKANNYA]

Firman Allah “Tidak Aku ciptakan jin dan Manusia melainkan
hanya untuk beribadah (1) kepada-Ku.” (QS. Adz –
Dzariyat: 56 ).
(1 ) Ibadah ialah penghambaan diri kepada Allah ta’ala dengan
mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala
laranganNya, sebagaimana yang telah disampaikan oleh
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan inilah
hakekat agama Islam, karena Islam maknanya ialah
penyerahan diri kepada Allah semata, yang disertai dengan
kepatuhan mutlak kepada-Nya, dengan penuh rasa rendah
diri dan cinta.

Ibadah berarti juga segala perkataan dan perbuatan, baik
lahir maupun batin, yang dicintai dan diridhai oleh Allah.
Dan suatu amal akan diterima oleh Allah sebagai ibadah
apabila diniati dengan ikhlas karena Allah semata; dan
mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam.
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul
pada setiap umat (untuk menyerukan): “Beribadalah
kepada Allah (saja) dan jauhilah thaghut” (2) . (QS. An –
Nahl: 36).
(2 ) Thoghut ialah : setiap yang diagungkan - selain Allah –
dengan disembah, ditaati, atau dipatuhi ; baik yang
diagungkan itu berupa batu, manusia ataupun setan.
Menjauhi thoghut berarti mengingkarinya, tidak
menyembah dan memujanya, dalam bentuk dan cara
apapun.

“Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu
jangan beribadah kecuali hanya kepada-Nya, dan
hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu
dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara
keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut
dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah
kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan
janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah
kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah
dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh
kesayangan, dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku,
kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua
telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al – Isra’: 23-24).


“Katakanlah (Muhammad) marilah kubacakan apa
yang diharamkan kepadamu oleh Tuhanmu, yaitu
“Janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia,
berbuat baiklah terhadap kedua orang tuamu, dan
janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena
takut kemiskinan. Kami akan memberi rizki kepadamu
dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati
perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di
antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah
kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah
(membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang
benar. Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu
kepadamu supaya kamu memahami (nya). Dan janganlah
kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang
lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan
sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil.
Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang
melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu
berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun
dia adalah kerabat(mu). Dan penuhilah janji Allah. Yang
demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.
 Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah
jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah
kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalanjalan
itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang
demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu
bertakwa.” ( QS. Al An’am: 151-153).
Ibnu Mas’ud  berkata: “Barang siapa yang ingin
melihat wasiat Muhammad yang tertera di atasnya
cincin stempel milik beliau, maka supaya membaca
firman Allah  : “Katakanlah ( Muhammad ) marilah
kubacakan apa yang diharamkan kepadamu oleh
Tuhanmu, yaitu “Janganlah kamu berbuat syirik
sedikitpun kepadaNya, dan “Sungguh inilah jalan-Ku
berada dalam keadaan lurus, maka ikutilah jalan
tersebut, dan janganlah kalian ikuti jalan-jalan yang
lain. (3)
(3 ) Atsar ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi, Ibnu Majah dan
Ibnu Abi Hatim.

Mu’adz bin Jabal  berkata: “Aku pernah diboncengkan Nabi di atas keledai,
kemudian beliau berkata kepadaku: “wahai Muadz,
tahukah kamu apakah hak Allah yang harus dipenuhi
oleh hamba-hamba-Nya, dan apa hak hamba-hamba-Nya
yang pasti dipenuhi oleh Allah? Aku menjawab: “Allah
dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”, kemudian beliau
bersabda: “Hak Allah yang harus dipenuhi oleh hamba
hamba-Nya ialah hendaknya mereka beribadah kepada-
Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun,
sedangkan hak hamba yang pasti dipenuhi oleh Allah
ialah bahwa Allah tidak akan menyiksa orang-orang
yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, lalu
aku bertanya: "ya Rasulullah, bolehkah aku
menyampaikan berita gembira ini kepada orang-orang?
beliau menjawab: “Jangan engkau lakukan itu, karena
khawatir mereka nanti bersikap pasrah.” (HR. Bukhari,
Muslim).

Pelajaran penting yang terkandung dalam bab ini:

1. Hikmah diciptakannya jin dan manusia oleh
Allah .
2. Ibadah adalah hakekat (tauhid), sebab
pertentangan yang terjadi antara Rasulullah 
dengan kaumnya adalah dalam masalah tauhid
ini.
3. Barangsiapa yang belum merealisasikan tauhid
ini dalam hidupnya, maka ia belum beribadah
(menghamba) kepada Allah . inilah sebenarnya
makna firman Allah:
“Dan sekali-kali kamu sekalian bukanlah
penyembah (Tuhan) yang aku sembah.” (QS. Al
Kafirun: 3).
4. Hikmah diutusnya para Rasul [adalah untuk
menyeru kepada tauhid, dan melarang
kemusyrikan].
5. Misi diutusnya para Rasul itu untuk seluruh
umat.
6. Ajaran para Nabi adalah satu, yaitu tauhid
[mengesakan Allah  saja].
7. Masalah yang sangat penting adalah: bahwa
ibadah kepada Allah  tidak akan terealisasi
dengan benar kecuali dengan adanya
pengingkaran terhadap thaghut.
Dan inilah maksud dari firman Allah  :
“Barang siapa yang mengingkari thaghut
dan beriman kepada Allah, maka ia benar-benar
telah berpegang teguh kepada tali yang paling
kuat.” (QS. Al Baqarah: 256).
8. Pengertian thaghut bersifat umum, mencakup
semua yang diagungkan selain Allah .
9. Ketiga ayat muhkamat yang terdapat dalam surat
Al An’am menurut para ulama salaf penting
kedudukannya, di dalamnya ada 10 pelajaran
penting, yang pertama adalah larangan berbuat
kemusyrikan.
10. Ayat-ayat muhkamat yang terdapat dalam surat
Al Isra mengandung 18 masalah, dimulai dengan
firman Allah: “Janganlah kamu menjadikan bersama Allah
sesembahan yang lain, agar kamu tidak menjadi
terhina lagi tercela.” (QS. Al Isra’: 22).
Dan diakhiri dengan firmanNya: “Dan janganlah kamu menjadikan bersama
Allah sesembahan yang lain, sehingga kamu
(nantinya) dicampakkan ke dalam neraka
Jahannam dalam keadaan tercela, dijauhkan
(dari rahmat Allah).” (QS. Al Isra’: 39).
Dan Allah mengingatkan kita pula tentang
pentingnya masalah ini, dengan firman-Nya: “Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan
Tuhanmu kepadamu.” (QS. Al Isra’: 39).
11. Satu ayat yang terdapat dalam surat An–Nisa’,
disebutkan di dalamnya 10 hak, yang pertama
Allah memulainya dengan firman-Nya: “Beribadahlah kamu sekalian kepada Allah
(saja), dan janganlah kamu mempersekutukan-
Nya dengan sesuatu pun.” (QS. An Nisa’: 36 ).
12. Perlu diingat wasiat Rasulullah di saat akhir
hayat beliau.
13. Mengetahui hak-hak Allah yang wajib kita
laksanakan.
14. Mengetahui hak-hak hamba yang pasti akan
dipenuhi oleh Allah apabila mereka
melaksanakannya. 
15. Masalah ini tidak diketahui oleh sebagian besar
para sahabat (4).

(4)Tidak diketahui oleh sebagian besar para sahabat, karena
Rasulullah menyuruh Muadz agar tidak
memberitahukannya kepada meraka, dengan alasan beliau
khawatir kalau mereka nanti akan bersikap menyandarkan
diri kepada keluasan rahmat Allah. Sehingga tidak mau
berlomba-lomba dalam mengerjakan amal shaleh. Maka
Mu’adz pun tidak memberitahukan masalah tersebut,
kecuali di akhir hayatnya dengan rasa berdosa. Oleh sebab
itu, di masa hidup Mu’adz masalah ini tidak diketahui oleh
kebanyakan sahabat.
16. Boleh merahasiakan ilmu pengetahuan untuk
maslahat.
17. Dianjurkan untuk menyampaikan berita yang
menggembirakan kepada sesama muslim.
18. Rasulullah merasa khawatir terhadap sikap
menyandarkan diri kepada keluasan rahmat
Allah.
19. Jawaban orang yang ditanya, sedangkan dia tidak
mengetahui adalah: “Allah dan Rasul-Nya yang
lebih mengetahui.
20. Diperbolehkan memberikan ilmu kepada orang
tertentu saja, tanpa yang lain.
21. Kerendahan hati Rasulullah , sehingga beliau
hanya naik keledai, serta mau memboncengkan
salah seorang dari sahabatnya.
22. Boleh memboncengkan seseorang di atas
binatang, jika memang binatang itu kuat.
23. Keutamaan Muadz bin Jabal.
24. Tauhid mempunyai kedudukan yang sangat
penting.

Sumber ; kitab tauhid bab 1

Tidak ada komentar:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya ( An Nisa : 48)"

Nasehat Imam Empat Mazhab," Jangan fanatik kepada kami "!

Imam Abu Hanifah (Imam Mazhab Hanafi)
Beliau adalah Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit yang dilahirkan pada tahun 80 Hijriyah. Beliau berkata,

1. “Apabila hadits itu shahih, maka hadits itu adalah madzhabku.” (Ibnu Abidin di dalam Al- Hasyiyah 1/63)

2. “Tidak dihalalkan bagi seseorang untuk berpegang pada perkataan kami, selagi ia tidak mengetahui dari mana kami mengambilnya.” (Ibnu Abdil Barr dalam Al-Intiqa’u fi Fadha ‘ilits Tsalatsatil A’immatil Fuqaha’i, hal. 145) Dalam riwayat yang lain dikatakan, “Adalah haram bagi orang yang tidak mengetahui alasanku untuk memberikan fatwa dengan perkataanku.” Di dalam sebuah riwayat ditambahkan, “Sesungguhnya kami adalah manusia yang mengatakan perkataan pada hari ini dan meralatnya di esok hari.”

3. “Jika aku mengatakan suatu perkataan yang bertentangan dengan kitab Allah ta’ala dan kabar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tinggalkanlah perkataanku.” (Al-Fulani di dalam Al- lqazh, hal. 50)

Imam Malik (Imam Mazhab Maliki)
Beliau adalah Malik bin Anas, dilahirkan di Kota Madinah pada tahun 93 Hijriyah. Beliau berkata,

1. “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia yang kadang salah dan kadang benar. Maka perhatikanlah pendapatku. Setiap pendapat yang sesuai dengan Kitab dan Sunnah, maka ambillah. Dan setiap yang tidak sesuai dengan Al Kitab dan Sunnah, maka tinggalkanlah.” (Ibnu Abdil Barr di dalam Al-Jami’, 2/32)

2. “Tidak ada seorang pun setelah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, kecuali dari perkataannya itu ada yang diambil dan yang ditinggalkan, kecuali Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.” (Ibnu Abdil Hadi di dalam Irsyadus Salik, 1/227)

3.Ibnu Wahab berkata, “Aku mendengar bahwa Malik ditanya tentang hukum menyela-nyelan jari di dalam berwudhu, lalu dia berkata, ‘Tidak ada hal itu pada manusia’. Maka aku meninggalkannya hingga manusia berkurang, kemudian aku berkata kepadanya, ‘Kami mempunyai sebuah sunnah di dalam hal itu’. Maka Imam Malik berkata, ‘Apakah itu?’ Aku berkata, ‘Al Laits bin Saad dan Ibnu Lahi’ah dan Amr bin Al-Harits dari Yazid bin Amr Al ¬Ma’afiri dari Abi Abdirrahman Al-Habli dari Al Mustaurid bin Syidad Al-Qirasyi telah memberikan hadist kepada kami, ia berkata, ”Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menggosok antara jari-jemari beliau dengan kelingkingnya.” Maka Imam Malik berkata, ‘Sesungguhnya hadist ini adalah hasan, aku mendengarnya baru kali ini.’ Kemudian aku mendengar beliau ditanya lagi tentang hal ini, lalu beliau (Imam Malik) pun memerintahkan untuk menyela-nyela jari-jari.” (Mukaddimah Al-Jarhu wat Ta’dil, karya Ibnu Abi Hatim, hal. 32-33)

Imam Asy-Syafi’i (Imam Mazhab Syafi’i)
Beliau adalah Muhammad bin idris Asy-Syafi’i, dilahirkan di Ghazzah pada tahun 150 H. Beliau rahimahullah berkata,

1. “Tidak ada seorang pun, kecuali akan luput darinya satu Sunnah Rasulullah. Seringkali aku ucapkan satu ucapan dan merumuskan sebuah kaidah namun mungkin bertentangan dengan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam itulah pendapatku” (Tarikhu Damsyiq karya Ibnu Asakir,15/1/3)

2. “Kaum muslimin telah sepakat bahwa barang siapa yang telah terang baginya Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya, hanya karena mengikuti perkataan seseorang.”
(Ibnul Qayyim, 2/361, dan Al-Fulani, hal.68)

3. ”Jika kalian mendapatkan di dalam kitabku apa yang bertentangan dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka berkatalah dengan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tinggalkanlah apa yang aku katakan.” (Al-Harawi di dalam Dzammul Kalam,3/47/1)

4. ”Apabila telah shahih sebuah hadist, maka dia adalah madzhabku. ” (An-Nawawi di dalam AI-Majmu’, Asy-Sya’rani,10/57)

5. “Kamu (Imam Ahmad) lebih tahu daripadaku tentang hadist dan para periwayatnya. Apabila hadist itu shahih, maka ajarkanlah ia kepadaku apapun ia adanya, baik ia dari Kufah, Bashrah maupun dari Syam, sehingga apabila ia shahih, aku akan bermadzhab dengannya.” (Al-Khathib di dalam Al-Ihtijaj bisy-Syafi’I, 8/1)

6. “Setiap masalah yang jika di dalamnya terdapat hadits shahih dari Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam menurut para pakar hadits, namun bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka aku rujuk di dalam hidupku dan setelah aku mati.” (Al-Hilyah 9/107, Al-Harawi, 47/1)

7. ”Apabila kamu melihat aku mengatakan suatu perkataan, sedangkan hadist Nabi yang bertentangan dengannya adalah hadits yang shahih, maka ketahuilah, bahwa pendapatku tidaklah berguna.” (Al-Mutaqa, 234/1 karya Abu Hafash Al-Mu’addab)

8. “Setiap apa yang aku katakan, sedangkan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam terdapat hadist shahih yang bertentangan dengan perkataanku, maka hadits nabi adalah lebih utama. Olah karena itu, janganlah kamu taklid mengikutiku.” (Ibnu Asakir, 15/9/2)

9. “Setiap hadits yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka hal itu adalah pendapatku walaupun kalian belum mendengarnya dariku” (Ibnu Abi Hatim, 93-94)

Imam Ahmad bin Hanbal (Imam Mazhab Hambali)

Beliau Adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal yang dilahirkan pada tahun 164 Hijriyah di Baghdad, Irak. Beliau berkata,

1. “Janganlah engkau taqlid kepadaku dan jangan pula engkau mengikuti Malik, Syafi’i, Auza’i dan Tsauri, Tapi ambillah dari mana mereka mengambil.” (Al-Fulani, 113 dan Ibnul Qayyim di dalam Al-I’lam, 2/302)

2. “Pendapat Auza’i, pendapat Malik, dan pendapat Abu Hanifah semuanya adalah pendapat, dan ia bagiku adalah sama, sedangkan hujjah itu hanyalah terdapat di dalam atsar-atsar (hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam-wr1)” (Ibnul Abdil Barr di dalam Al-Jami`, 2/149)

3. “Barang siapa yang menolak hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sesungguhnya ia telah berada di tepi jurang kehancuran. ” (Ibnul Jauzi, 182).

Selengkapnya klik DI SINI

Demikianlah ucapan para Imam Mazhab. Masihkah kita taqlid buta kepada mereka, atau taqlid kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?


Ilmu & Amal

Tuntutan ilmu adalah amal & tuntutan amal adalah ilmu . Amal hati/batin dinilai dengan keikhlasan & amal lahir dinilai dengan ketaatan mengikuti sunnah Rasul

Tauhid

“Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: ’Jagalah Allah, niscaya Allah menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati-Nya dihadapanmu. Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya suatu kaum berkumpul untuk memberi suatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak dapat memberi manfaat kepadamu kecuali dengan sesuatu yg telah ditetapkan Allah untukmu. Sebaliknya, jika mereka berkumpul untuk memberi suatu kemudharatan kepadamu, maka mereka tidak dapat memberi kemudharatan kepadamu kecuali dengan sesuatu yg telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran- lembaran telah kering.’” (HR. At-Tirmidzi, dan ia berkata,” Hadist ini hasan shahih). ☛ ☛ ☛ “Jagalah Allah, maka engkau mendapati-Nya dihadapanmu. Kenalilah Allah ketika senang, maka Dia akan mengenalmu ketika susah. Ketahuilah bahwa apa yang luput darimu tidak akan menimpamu, dan apa yang menimpamu tidak akan luput darimu. Ketahuilah bahwa pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.”(Dalam riwayat selain at-Tirmidzi)

Tes Gannguan Jin Dalam Tubuh

Sesungguhnya syirik itu melenyapkan amalan dan menyebabkan kekal di dalam neraka

Gerakan Sholat Yang Benar

www.loogix.com. Animated gif