Barangsiapa yang mendapati suatu perselisihan, maka ia harus berpegang dengan Sunnah Nabi shallalla

  • Saya tidak mengatakan diri saya sebagai seorang ahli 'ilmu karena memang saya bukanlah ahlu 'ilmu, melainkan hanya penuntut 'ilmu . maka Janganlah engkau MENIMBA dan BERTANYA tentang 'ilmu kepadaku. Janganlah pula jadikan postingan-postingan saya sebagai rujukan 'ilmu bagi kalian. Tapi timbalah dan tanyalah 'ilmu kepada ahlinya. Apa-apa yang kupostingkan di website ini yang berisikan kebenaran, maka terimalah. Apa-apa yang bertentangan dengan kebenaran, maka tolaklah, dan luruskanlah dengan 'ilmu dan hujjah.

Bukti Cinta

Di antara tanda cinta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah dengan mengamalkan Sunnahnya, menghidupkan, dan mengajak kaum Muslimin untuk mengamalkannya, serta berjuang membela As-Sunnah dari orang-orang yang mengingkari As-Sunnah dan melecehkannya. Termasuk cinta kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah menolak dan mengingkari semua bentuk bid’ah, karena setiap bid’ah adalah sesat.

(Tafsiir Ibni Katsiir I/384)

Kamis, 20 September 2012

Mensucikan Jiwa


Mensucikan Jiwa


التزكية النفوس
Mensucikan Jiwa


Pembersihan jiwa (tazkiyatun nafs) ini adalah tugas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana firmanNya:
Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayatNya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (As-sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”. (Al-Jumu’ah: 2)
Dari ayat di atas, para mufassirin menerangkan bahwa di antara tugas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam kepada umatnya adalah:
1. menyampaikan ayat-ayat Allah
2. membersihkan atau mensucikan mereka
3. mengajarkan kitab dan sunnah kepada mereka.

Dan dari ayat di atas juga bisa diketahui bahwa umat manusia sebelum datangnya Rasulullah, dalam keadaan sesat yang nyata, yang berupa kemusyrikan, kemerosotan akhlak dan mereka dalam puncak
Dalam keadaan masyarakat Jahiliyah seperti itu, lalu datangnya Rasulullah membawa Islam ini telah dinyatakan sempurna dan mendapat ridha dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu ni’matKu, dan telah Kuridhoi Islam itu jadi agama bagimu”.(Al-Maa’idah: 3).
Tugas para Rasul yang paling utama dan yang pertama dilakukan adalah membersihkan keyakinan-keyakinan atau aqidah dari segala bentuk kesyirikan, mengembalikan manusia dari penyembahan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada asalnya menyembah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Dan Kami tidak mengutus seorang Rasulpun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya : “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku”.(Al-Anbiya : 25).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu menyatakan: “Ibadah adalah mentaati Allah dan dengan mencontoh apa-apa yang diperintahkan Allah padanya melalui lisan para Rasul”.
Dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu juga menyatakan: “Ibadah adalah nama (aktivitas) yang mencakup setiap perkataan atau berupa perbuatan yang dicintai dan diridhai oleh Allah yang dhahir maupun batin”.
Ibadah yang diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah ibadah yang hanya dilakukan oleh seorang muslim dengan ikhlas dan mutaba’ah (mengikuti) tuntunan Rasulullah………. Ibadah yang dilakukan dengan tidak ikhlas tidak akan diterima oleh Allah, begitu juga ibadah yang dilakukan tanpamutaba’ah akan sia-sia. Hal yang pertama: membersihkan niat dari semua kotoran yang akan merusak keikhlasan dan yang kedua membersihkan ibadah dari semua bid’ah bikinan manusia yang merusak agama.
Para ulama mengatakan ikhlas itu adalah membersihkan tujuan taqqarub kepada Allah dari semua kotoran (syirik). Ikhlas ini adalah termasuk amalan hati seperti takut (khauf), pengharapan, tawakkal,raghbah (cinta), rahbah (takut), khusyu, dan khasyyah (takut).
1. Khauf artinya perasaan takut akan terjadinya sesuatu yang membinasakan. Khauf ini ada dua macam:
a. Khauf thabi’i (takut bawaan), seperti manusia takut pada binatang buas, api, dll.
b. Khauf ibadah, yaitu takut kepada sesuatu yang ia beribadah karena takut kepadanya. Takut yang semacam ini tidak boleh kecuali hanya ditujukan kepada Allah, sedangkan memalingkannya kepada selain Allah adalah syirik akbar. Pada masa sebelum Rasulullah sampai sekarang ini banyak sekali orang takut kepada sesuatu yang dianggap keramat atau bertuah atau mempunyai kekuatan ghaib seperti kuburan wali-wali (kyai, ustad, ajeungan atau habib), keris, tombak, patung-patung, pohon, batu akik, jimat-jimat, dll, sehingga mereka melakukan pengorbanan dan peribadatan dalam waktu dan cara yang sama sekali tidak disyariatkan oleh Allah.
2. Roja’ artinya pengharapan, yaitu keinginan seseorang untuk mendapatkan sesuatu. Pengharapan pada waktu seseorang mengerjakan ibadah tidak boleh kecuali hanya kepada Allah, dan memalingkannya kepada selain Allah adalah syirik.
Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah mengerjakan amal yangshalih dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya”.(QS Al-Kahfi: 110).
3. Tawakkal artinya menyandarkan sesuatu kepada sesuatu. Bertawakkal kepada Allah maknanya adalah menyandarkan kepada Allah sebagai pencukup dalam mendapatkan manfaat dan menolak mudharat.
Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman”.(Al-Maa’idah: 23).
Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)Nya”. (Ath-Thalaq: 3).
Dalam masalah ini banyak sekali orang yang tersesat yaitu mereka bertawakkal kepada selain Allah dengan cara memakai atau menyimpan benda-benda yang mereka yakini mempunyai kekuatan seperti sabuk, kalung atau gelang yang berisi jimat-jimat, batu akik, keris, dll.
4. Raghbah yaitu keinginan untuk mencapai sesuatu yang dicintai.
5. Rahbah yaitu ketakutan yang membuahkan pelarian dari sesuatu yang ditakuti atau takut yang disertai tindakan untuk menanggulangi ketakutannya.
6. Khusyu’ adalah tunduk merendah kepada keagungan Allah dengan menyerah kepada semua ketentuan Allah.
7. Khasyyah adalah ketakutan yang didasari oleh ilmu tentang keagungan Dzat yang ditakuti dan kesempurnaan kekuasaan, seperti firman Allah:
Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hambaNya, hanyalah ulama”. (Faathir: 28).
Penyakit-penyakit hati yang berkaitan dengan masalah aqidah inilah yang pertama kali harus dibersihkan pada diri seseorang karena penyakit ini, seseorang tidak dapat membedakan yang haq dari yang bathil, sunnah dari bid’ah, tauhid dari syirik.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Amradhul Qulub wa Syifaa’uha mengatakan: “Penyakit hati adalah jenis kerusakan yang menimpanya, penyebab kerusakan pemikiran dan kehendak. Kerusakan pemikiran ini karena adanya syubhat-syubhat (kesamaran-kesamaran) sehingga tidak bisa melihat kebenaran (al-haq) atau dapat melihat kebenaran tapi berlainan dengan apa yang seharusnya ada. Sedangkan kehendaknya (penyakit hati) yaitu membenci kebenaran dan menyukai kebathilan”.
Allah berfirman:
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya..(Al-Baqarah: 10).
Adakah obat penyakit semacam ini ? Jawabnya tentu saja ada, sebab Allah berfirman:
Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang- orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”.(Al-Israa’: 82).
Al-Imam Ibnu Katsir menyatakan dalam tafsirnya: “(Al Qur’an) akan menghilangkan penyakit-penyakityang ada di dalam hati seperti (penyakit) ragu, nifaq (kemunafikan), syirik, dll. Maka Al Qur’an akan menyembuhkan semuanya itu”.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:
Allah tidak menurunkan penyakit kecuali Allah menurunkan obat untuknya”.(HR. Al-Bukhari).
Tidak ada yang lain, obat semua penyakit hati (jiwa) adalah ilmu syar’i yaitu ilmu Al Qur’an dan As Sunnah.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:
Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah padanya kebaikan (maka) Allah akan memahamkannya dalam masalah dien (agama)”.(HR. Bukhari dan Muslim).
Ibnul Qayyim mengatakan: “Kebodohan itu penyakit yang mematikan, dan obatnya adalah dua perkara yang disepakati dalam satu susunan; yaitu nash dari Al Qur’an atau dari As Sunnah, sedangkan dokter penyakit kebodohan itu adalah orang alim rabbani”.
Oleh karena itu setiap orang harus mengobati penyakit (kebodohan) yang dia derita dengan obatnya yaitu ilmu syar’i dan seorang alim (ustadz, mu’allim, kyai, dll) sebagai dokternya dengan mendengarkan hakekat dan petunjuknya.

Sarana – sarana Tazkiyah

Secara umum Tazkiyatunnufus tidak bisa terwwujud kecuali dengan amaliah-amaliah yang sesuai dengan syariah . Dalam hal ini, sebagai seorang Muslim, maka Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam. Adalah seorang Uswah dian Qudwah yang utama , dan beliau adalah Thabib Al Qalb yang telah mendapat lisensi dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sehingga seorang yang melakukan terapi diri dari otak sendiri diumpamakan oleh Ibnul Qoyyim bagaikan seorang yang mengobati penyakitnya sendiri dengan sia-sia, sementara ia meninggalkan dokter spesialis, maka keselamatan dan kesempurnaan dalam Tazkiyah tak akan diraih kecuali dengan mencontoh dan menjalani terapi Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam. (Madaarikussalikin juz 2 hal 315)
Di bawah ini beberapa Amaliah atau sarana Tazkiyah yang mujarab dan efektif seperti yang diajarkan Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam.
  1. Pembersihan Akidah dan penyempurnaan Tauhid
Akidah dan Tauhid adalah fondasi kehidupan seorang mu’min dan ia adalah penentu utama ketentraman dan kedamaian jiwa seseorang. Allah berfirman : “ Tidak demikian bahkan barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedangkan ia berbuat kebajikan maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih “. (Albaqoroh 112).
Sementara kemusyrikan dan penyimpangan dari syariat Allah akan menimbulkan kecelakaan dan ketidaktenraman. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “ Kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukann-Nya yaitu orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya kehidupan akherat”.(Al Fusshilat : 6:7). Kata-kata “Az-Zakat” pada ayat tersebut kata imam Al Qurthubiy adalah Tauhid Laa Ilaaha Illallahu” (Tafsir Al Qurthubiy Juz 19 hal 199)
  1. Ibadah yang sempurna kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
  1. Shalat
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu. Beliau mendengar Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda : “ Bagaimana menurutmu kalau ada sebuah sungai di depan rumah salah seorang kamu dan ia mandi disungai tersebut lima kali setiap hari, apakah ia masih mempunyai kotoran? “ Sahabat berkata, “ Tidak ada lagi kotoran sedikitpun”. Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda ,” Demikianlah perumpamaan shalat lima waktu yang mana dengannya Allah membersihkan kesalahan”.
Ibnul Arabiy rahimahullahu berkata :” Adapun letak kemiripan dari tamsil Rosulullah diatas adalah ; karena daki dan kotoran tidak akan ada kalau dibasuh dengan air banyak (sungai) apalagi berulang kali, demikian juga dosa dan kesalahan pasti akan hilang kalau ia selalu dibersihkan dengan sholat.
Sholat yang khusu’ bukan saja menyucikan jiwa, bahkan akan membahagiakannya dan mengantarkannya menuju keberhasilan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “ Sungguh beruntung orang-orang mu’min, orang –orang yang khusu’ dalam sholatnya”. (Al Mu’min 1-2).
B.Infaq, Shodaqoh atau Zakat
Memberikan sebagian harta yang dimiliki apalagi itu yang dicintai merupakan perbuatan yang berat kecuali bagi orang-orang yang telah di tazkiyah hatinya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena itulah diantara hikmah diperintahkannya zakat itu adalah untuk membersihkan jiwa dari kedengkian dan kekikiran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, karena dengan zakat itu kamu membersihkannya (dari kekikiran ) dan mensucikan mereka (dengan kebaikan) danberdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kami itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka, dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui”. (At Taubah 103).
C. Doa dan Dzikir
Dzikrullah merupakan terapi yang sangat efektif dalam mengobati dan menentramkan jiwa. Apalagi kalau itu dilakukan dengan penuh tadarrub dan khosiyah (tunduk dan takutatau harap dan cemas). Orang yang tidak mau berdzikir dan enggan berdoa menandakan pada jiwanya ada penyakit-penyakit kesombingan. Itu sebabnya Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam menganjurkan kita untuk berdoa dalam setiap waktu dan aktivitas. Allah berfirman :” Orang-orang beriman hatinya akan tenang dengan dzikrullah, dan ingatlah hanya dengan dzikrullahlah hatimu akan tenang”. (Ar Ra’du 28)
Dan dzikrullah yang paling utama adalah tilawah (membaca ayat-ayat Allah) karena Allah menurunkan Al Qur’an diantara fungsinya adalah sebagai As Syifa’ (penawar) dan rahmat bagi orang-orang mu’min (baca Al Isro 82).
  1. Meminimalisir dosa dan kemaksiatan
Dosa dan kemaksiatan di ibaratkan oleh Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam laksana noda-noda hitam yang berusaha memudarkan qolbu seorang mu’min yang jernih dengan hidayah Allah itu. Kalau tidak segera di tazkiyah dengan taubat kepada Allah ia akan memekatkan dan menutup mati mata hati itu sendiri sehingga ia akan keras bagaikan batu bahkan bisa lebih keras dari itu (baca Al Baqoroh 74). Dan tidak tertutup kemungkinan kemulyaannya sebagai seorang muslim akan hilang dan jatuh keperingkat binatang (baca Al A’raf 179).
Dari kajian singkat diatas kita bisa menyimpulkan bahwa :
  1. Tazkiyatunnufus merupakan kewajiban setiap mu’min untuk mencapai kebaikan dan kesempurnaan jiwanya.
  2. Proses dalam Tazkiyah haruslah sesuai dengan syariah agar tidak seperti “ Orang kehausan minum air laut “.
  3. Keberhasilan dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di Akherat tidak akan bisa diwujudkan kecuali dengan jiwa-jiwa yang telah di Tazkiyah (baca Thoha 75-76)
Penutup dan Tausiyah
Terakhir kami berpesan pada pribadi kami (yang belum di Tazkiyah) juga kepada semua peserta calon mujahid
  1. Awali proses Tazkiyah dengan muhasabah (koreksi diri). Kemudian diadakan muroqobah (pengawasan) yang ketat bila perlu lakukan mu’aqobah (sanksi) kalau ternyata ada yang berusaha mengurangi apalagi menghapuskan semangat mujahadah dalam bertazkiyah.
  2. Awasi musuh-musuh eksternal (syaithon/thoghut) dan internal (nafsu)
  3. Danger………….! (membual, pesimis, apatis, malas,riya’, sombong dan rendah diri)
Kita tutup dengan doa kepada Allah :
اللهم آت نفسي تقواها وزكها أنت خير من زكاها أنت وليها ومولاها (رواه مسلم)
“ Yaa Allah berilah ketakwaan pada jiwaku , sucikanlah ia, Engkaulah sebaik-baik Dzat yang mensucikan, Engkaulah pemiliknya dan penguasa.
Sumber ; http://abusalma.wordpress.com/2007/01/12/mensucikan-jiwa/

Tidak ada komentar:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya ( An Nisa : 48)"

Nasehat Imam Empat Mazhab," Jangan fanatik kepada kami "!

Imam Abu Hanifah (Imam Mazhab Hanafi)
Beliau adalah Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit yang dilahirkan pada tahun 80 Hijriyah. Beliau berkata,

1. “Apabila hadits itu shahih, maka hadits itu adalah madzhabku.” (Ibnu Abidin di dalam Al- Hasyiyah 1/63)

2. “Tidak dihalalkan bagi seseorang untuk berpegang pada perkataan kami, selagi ia tidak mengetahui dari mana kami mengambilnya.” (Ibnu Abdil Barr dalam Al-Intiqa’u fi Fadha ‘ilits Tsalatsatil A’immatil Fuqaha’i, hal. 145) Dalam riwayat yang lain dikatakan, “Adalah haram bagi orang yang tidak mengetahui alasanku untuk memberikan fatwa dengan perkataanku.” Di dalam sebuah riwayat ditambahkan, “Sesungguhnya kami adalah manusia yang mengatakan perkataan pada hari ini dan meralatnya di esok hari.”

3. “Jika aku mengatakan suatu perkataan yang bertentangan dengan kitab Allah ta’ala dan kabar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tinggalkanlah perkataanku.” (Al-Fulani di dalam Al- lqazh, hal. 50)

Imam Malik (Imam Mazhab Maliki)
Beliau adalah Malik bin Anas, dilahirkan di Kota Madinah pada tahun 93 Hijriyah. Beliau berkata,

1. “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia yang kadang salah dan kadang benar. Maka perhatikanlah pendapatku. Setiap pendapat yang sesuai dengan Kitab dan Sunnah, maka ambillah. Dan setiap yang tidak sesuai dengan Al Kitab dan Sunnah, maka tinggalkanlah.” (Ibnu Abdil Barr di dalam Al-Jami’, 2/32)

2. “Tidak ada seorang pun setelah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, kecuali dari perkataannya itu ada yang diambil dan yang ditinggalkan, kecuali Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.” (Ibnu Abdil Hadi di dalam Irsyadus Salik, 1/227)

3.Ibnu Wahab berkata, “Aku mendengar bahwa Malik ditanya tentang hukum menyela-nyelan jari di dalam berwudhu, lalu dia berkata, ‘Tidak ada hal itu pada manusia’. Maka aku meninggalkannya hingga manusia berkurang, kemudian aku berkata kepadanya, ‘Kami mempunyai sebuah sunnah di dalam hal itu’. Maka Imam Malik berkata, ‘Apakah itu?’ Aku berkata, ‘Al Laits bin Saad dan Ibnu Lahi’ah dan Amr bin Al-Harits dari Yazid bin Amr Al ¬Ma’afiri dari Abi Abdirrahman Al-Habli dari Al Mustaurid bin Syidad Al-Qirasyi telah memberikan hadist kepada kami, ia berkata, ”Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menggosok antara jari-jemari beliau dengan kelingkingnya.” Maka Imam Malik berkata, ‘Sesungguhnya hadist ini adalah hasan, aku mendengarnya baru kali ini.’ Kemudian aku mendengar beliau ditanya lagi tentang hal ini, lalu beliau (Imam Malik) pun memerintahkan untuk menyela-nyela jari-jari.” (Mukaddimah Al-Jarhu wat Ta’dil, karya Ibnu Abi Hatim, hal. 32-33)

Imam Asy-Syafi’i (Imam Mazhab Syafi’i)
Beliau adalah Muhammad bin idris Asy-Syafi’i, dilahirkan di Ghazzah pada tahun 150 H. Beliau rahimahullah berkata,

1. “Tidak ada seorang pun, kecuali akan luput darinya satu Sunnah Rasulullah. Seringkali aku ucapkan satu ucapan dan merumuskan sebuah kaidah namun mungkin bertentangan dengan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam itulah pendapatku” (Tarikhu Damsyiq karya Ibnu Asakir,15/1/3)

2. “Kaum muslimin telah sepakat bahwa barang siapa yang telah terang baginya Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya, hanya karena mengikuti perkataan seseorang.”
(Ibnul Qayyim, 2/361, dan Al-Fulani, hal.68)

3. ”Jika kalian mendapatkan di dalam kitabku apa yang bertentangan dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka berkatalah dengan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tinggalkanlah apa yang aku katakan.” (Al-Harawi di dalam Dzammul Kalam,3/47/1)

4. ”Apabila telah shahih sebuah hadist, maka dia adalah madzhabku. ” (An-Nawawi di dalam AI-Majmu’, Asy-Sya’rani,10/57)

5. “Kamu (Imam Ahmad) lebih tahu daripadaku tentang hadist dan para periwayatnya. Apabila hadist itu shahih, maka ajarkanlah ia kepadaku apapun ia adanya, baik ia dari Kufah, Bashrah maupun dari Syam, sehingga apabila ia shahih, aku akan bermadzhab dengannya.” (Al-Khathib di dalam Al-Ihtijaj bisy-Syafi’I, 8/1)

6. “Setiap masalah yang jika di dalamnya terdapat hadits shahih dari Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam menurut para pakar hadits, namun bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka aku rujuk di dalam hidupku dan setelah aku mati.” (Al-Hilyah 9/107, Al-Harawi, 47/1)

7. ”Apabila kamu melihat aku mengatakan suatu perkataan, sedangkan hadist Nabi yang bertentangan dengannya adalah hadits yang shahih, maka ketahuilah, bahwa pendapatku tidaklah berguna.” (Al-Mutaqa, 234/1 karya Abu Hafash Al-Mu’addab)

8. “Setiap apa yang aku katakan, sedangkan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam terdapat hadist shahih yang bertentangan dengan perkataanku, maka hadits nabi adalah lebih utama. Olah karena itu, janganlah kamu taklid mengikutiku.” (Ibnu Asakir, 15/9/2)

9. “Setiap hadits yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka hal itu adalah pendapatku walaupun kalian belum mendengarnya dariku” (Ibnu Abi Hatim, 93-94)

Imam Ahmad bin Hanbal (Imam Mazhab Hambali)

Beliau Adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal yang dilahirkan pada tahun 164 Hijriyah di Baghdad, Irak. Beliau berkata,

1. “Janganlah engkau taqlid kepadaku dan jangan pula engkau mengikuti Malik, Syafi’i, Auza’i dan Tsauri, Tapi ambillah dari mana mereka mengambil.” (Al-Fulani, 113 dan Ibnul Qayyim di dalam Al-I’lam, 2/302)

2. “Pendapat Auza’i, pendapat Malik, dan pendapat Abu Hanifah semuanya adalah pendapat, dan ia bagiku adalah sama, sedangkan hujjah itu hanyalah terdapat di dalam atsar-atsar (hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam-wr1)” (Ibnul Abdil Barr di dalam Al-Jami`, 2/149)

3. “Barang siapa yang menolak hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sesungguhnya ia telah berada di tepi jurang kehancuran. ” (Ibnul Jauzi, 182).

Selengkapnya klik DI SINI

Demikianlah ucapan para Imam Mazhab. Masihkah kita taqlid buta kepada mereka, atau taqlid kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?


Ilmu & Amal

Tuntutan ilmu adalah amal & tuntutan amal adalah ilmu . Amal hati/batin dinilai dengan keikhlasan & amal lahir dinilai dengan ketaatan mengikuti sunnah Rasul

Tauhid

“Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: ’Jagalah Allah, niscaya Allah menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati-Nya dihadapanmu. Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya suatu kaum berkumpul untuk memberi suatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak dapat memberi manfaat kepadamu kecuali dengan sesuatu yg telah ditetapkan Allah untukmu. Sebaliknya, jika mereka berkumpul untuk memberi suatu kemudharatan kepadamu, maka mereka tidak dapat memberi kemudharatan kepadamu kecuali dengan sesuatu yg telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran- lembaran telah kering.’” (HR. At-Tirmidzi, dan ia berkata,” Hadist ini hasan shahih). ☛ ☛ ☛ “Jagalah Allah, maka engkau mendapati-Nya dihadapanmu. Kenalilah Allah ketika senang, maka Dia akan mengenalmu ketika susah. Ketahuilah bahwa apa yang luput darimu tidak akan menimpamu, dan apa yang menimpamu tidak akan luput darimu. Ketahuilah bahwa pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.”(Dalam riwayat selain at-Tirmidzi)

Tes Gannguan Jin Dalam Tubuh

Sesungguhnya syirik itu melenyapkan amalan dan menyebabkan kekal di dalam neraka

Gerakan Sholat Yang Benar

www.loogix.com. Animated gif